Hari-hari pertama di sekolah, biasanya para peserta didik masih diliputi kegembiraan, karena memasuki institusi pendidikan yang baru seperti di SD/MI. Akan tetapi lama-kelamaan, ada kemungkinan di dalam diri peserta didik muncul berbagai kendala atau kesulitan dalam belajar atau mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Seorang guru SD/MI yang profesional perlu mempertanyakan,
"Mengapa peserta didik menghadapi kendala atau kesulitan seperti itu?" Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, guru perlu memahami secara jelas dan tepat hakikat dan prinsip belajar itu sendiri berdasarkan wacana psikologi. Salah satu teori psikologi belajar, yang merupakan teori awal tentang belajar adalah Teori Behaviorisme. Ada 3 jenis teori belajar menurut Teori Behaviorisme yang perlu Anda pelajari secara mendalam untuk kepentingan pengelolaan proses pembelajaran di SD/MI, yaitu teori (1) Respondent Conditioning, (2) Operant Conditioning, dan (3) Observational Learning atau Social-Cognitive Learning.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar